Samsiyah, Nur (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NONFIKSI MELALUI METODE THINK PAIR SHARE PADA KELAS V MI MA'ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
Nur Samsiah.pdf Download (6MB) |
Abstract
Samsiyah, Nur. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi melalui Metode Think Pair Share pada Kelas V MI Ma'arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi, Think Pair Share Kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang sangat vital bagi perkembangan dunia pendidikan. Terlebih dalam kinerja pembelajaran mulai dari aspek kurikulum, metode pembelajaran, hingga dinamika kelas. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks nonfiksi pada siswa kelas V Mi Ma?arif Gedangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengeksplorasi lebih lanjut terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi Melalui Metode Think Pair Share Pada Kelas V MI Ma?arif Gedangan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks nonfiksi siswa kelas V tahun 2019. Melalui strategi pembelajaran Think Pair Share ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari kondisi awal yaitu 46% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 56% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 71,6% siswa dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 87% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks nonfiksi melalui strategi pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V semester 2 MI Ma?arif Gedangan tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 13:42 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 02:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10004 |
Actions (login required)
View Item |