ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU 01 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020

MUSTAFFIDAH, SOFIATUL (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU 01 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Sofiatul M_23070160011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mustaffidah, Sofiatul. 2020. Analisis Kemapuan Koneksi Matematis pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Level Kognitif Peserta Didik Kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Level Kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum kemampuan koneksi matematis materi Lingkaran berdasarkan level kognitif peserta didik kelas VIII A MTs NU 01 Cepiring tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Data yang diperoleh dari hasil tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Kemampuan koneksi matematis ditinjau dari level kognitif, dengan 30 peserta didik berdasarkan nilai ulangan harian kemudian menentukan subjek penelitian berdasarkan nilai ulangan harian kemudian menentukan 3 subjek yang akan mewakili level kognitif yang akan di berikan tes tertulis dan sebagai subjek wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis pada materi lingkaran ditinjau dari level kognitif peserta didik kelas VIII A MTs NU 01 Cepiring menurut indikator NCTM (2000:64) yaitu aspek koneksi antar topik matematika, aspek koneksi matematika dengan ilmu lain, dan aspek koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata didapatkan tiga level kognitif : 1) peserta didik berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator koneksi matematika, 2) peserta didik berkemampuan rendah belum memenuhi semua indikator koneksi matematika hanya dua indikator yang terpenuhi, 3) peserta didik berkemampuan rendah belum bisa mengaitkan informasi yang ada pada soal untuk menemukan jawaban yang sesuai dan hanya memenuhi satu indikator matematis.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2020 15:44
Last Modified: 17 Nov 2020 09:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item