STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MTS HAJI MUHAMMAD SUBANDI TAHUN AJARAN 2019/2020

ZUHRO, SITI FATIMATUL (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MTS HAJI MUHAMMAD SUBANDI TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Zuhro, Siti Fatimatu. 2020. Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs. Haji Muhammad Subandi Tahun 2019/2020. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Bapak Prof. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Profesionalisme Guru, dan Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi pengembangan profesionalisme guru di MTs. Haji Muhammad Subandi, (2) hambatan dan pendukung dalam strategi pengembangan profesionalisme guru di MTs. Haji Muhammad Subandi, (3) tingkat keberhasilan dalam strategi pembelajaran di MTs. Haji Muhammad Subandi. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan profesionalisme guru di MTs. Haji Muhammad Subandi dapat berjalan dan dapat diwujudkan dengan cara peningkatan keahlian sebagai tenaga pendidik. (2) Faktor hambatan dan pendukung pengembangan profesionalisme guru yaitu mengenai peran kepala sekolah yang kurang namun masih dimaklumi dikarenakan sekolah tergolong sekolah baru, yang kedua yaitu dari fasilitas sekolah yang kurang memadai, yang ketiga yaitu keteladanan sikap guru mengenai waktu tiba disekolah. Faktor pendukungnya yaitu guru memiliki semangat dan loyalitas yang sangat tinggi, hal ini berdampak besar bagi kelanjutan masa depan sekolah dan karier guru, yang kedua yaitu menerima masukan dari kepala sekolah. (3) Tingkat keberhasilan dalam strategi pengembangan profesionalisme guru, menurut kepala sekolah dengan mengikuti MGMP, seminar, kegiatan ilmiah, mengikuti workshop dapat membantu guru itu dalam meningkatkan profesionalisme guru. Berdasarkan data yang terkait bahwasanya guru telah memenuhi kriteria sebagai guru yang profesional seperti telah memenuhi kualifikasi akademik dengan terselesaikannya pendidikan sarjana pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, maka tingkat keberhasilan dalam strategi pengembangan profesionalisme guru di MTs. Haji Muhammad Subandi sudah meningkat setiap tahunnya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 08:21
Last Modified: 19 Nov 2020 08:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10019

Actions (login required)

View Item View Item