awwaluddin, muhammad (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN ROLE PLAYING PADA KELAS 8A SEMESTER 2 DI SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
MUHAMMAD AWWALUDDIN 23010150263 (fix).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Awwaluddin, Muhammad. 2020. Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru Dengan Metode Cooperative Script Dan Role Playing Pada Kelas 8a Semester 2 Di Smp Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Metode Cooperative Script, Metode Role Playing. Tujuan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apakah penggunaan metode Cooperative Script dan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru siswa kelas 8A semester 2 SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Apakah penggunaan metode Cooperative Script dan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru siswa kelas 8A semester 2 SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas 8 A SMP Islam Plus At Tohari Tuntang dengan banyak siswa dalam satu kelas adalah 19 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keaktifan belajar berupa lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan hasil belajar yang didapat bahwa rata-rata nilai pra siklus 77,74 menjadi 77,95 pada siklus I. Dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 0,21. Kemudian peningkatan hasil belajar yang didapat pada siklus I dengan rata-rata 77,95 menjadi 92,84 pada siklus II. Dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 14,89. (2) Pada siklus II diperoleh KKM/KBM kelas sebesar 94,74% > 85% (indikator keberhasilan KKM/KBM kelas). Maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 15,9% dan Siklus I ke Siklus II 15,8%. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Dari 19 siswa, pada pra siklus terdapat 12 siswa (63%) yang tuntas belajar, 7 siswa (37%) tidak tuntas belajar. Siklus I terdapat 15 siswa (78,9%) yang tuntas belajar, 4 siswa (21,1%) tidak tuntas belajar. Siklus II terdapat 18 siswa (94,7%) yang tuntas belajar, 1 siswa (5,3%) tidak tuntas belajar. Siswa yang tidak tuntas belajar pada Siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 09:14 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 02:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10024 |
Actions (login required)
View Item |