PENGARUH MENONTON VIDEO DAKWAH GUS YUSUF "TAHLILAN DI TENGAH PANDEMI" TERHADAP AKTIVITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT (Survei pada Anggota Grup Whatsapp PKK Dusun Ngaglik Kalipucang Kec. Grabag Magelang Tanggal 22 - 28 Juni 2020)

Khasanah, Nikmatul (2020) PENGARUH MENONTON VIDEO DAKWAH GUS YUSUF "TAHLILAN DI TENGAH PANDEMI" TERHADAP AKTIVITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT (Survei pada Anggota Grup Whatsapp PKK Dusun Ngaglik Kalipucang Kec. Grabag Magelang Tanggal 22 - 28 Juni 2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI NIKMATUL FIKSSS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khasanah, Nikmatul, 2020. Pengaruh Menonton Video Dakwah Gus Yusuf “Tahlilan di Tengah Pandemi” terhadap Aktivitas Keagamaan Masyarakat (Survei pada Anggota Grup Whatsapp PKK Dusun Ngaglik Kalipucang Kec. Grabag Magelang Tanggal 22 – 28 Juni 2020), Tahun 2020. Pembimbing : M. Fahrudin Yusuf, M. A. Kata Kunci : Video Dakwah, Aktivitas Keagamaan Masyarakat, Whatsapp. Tujuan penelitian skripsi ini mengetahui bagaimana pengaruh dari menonton video dakwah Gus Yusuf yang berjudul “Tahlilan di Tengah Pandemi” terhadap aktivitas rutinan keagamaan yang terjadi pada anggota PKK Dusun Ngaglik Desa Kalipucang Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang pada Bulan Juni tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah menggunakan strategi kuantitatif dan pendekatan objektif. Landasan teori yang digunakan adalah model komunikasi Stimulus – Respons dan juga mengadaptasi Teori Uses and Gratification yang membahasa tentang media karena dalam penelitian ini terdapat Whatsapp yang menjadi media yang digunakan. Unit samplingnya adalah anggota grup PKK Dusun Ngaglik yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode survei, dimana penggunaan kuesioner sebagai instrumennya. Analisis data serta validitas data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji autokorelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan menggunakan aplikasi olah data SPSS 19.0 menunjukkan adanya Pengaruh dari Menonton Video Dakwah Gus Yusuf terhadap Aktivitas Keagamaan Anggota PKK Dusun Ngaglik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output nilai rata-rata (mean) Menonton Video Dakwah Gus adalah 49,43 % dengan kategori baik. Rata-rata Aktivitas Keagamaan Anggota PKK adalah 40,17 % dengan kategori baik. Kemudian dari hasil uji T terdapat angkat thitung sebesar 5,755 yang merupakan lebih besar nilainya dibandingkan ttabel sebesar 2,024. Dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka data dinyatakan hubungan kedua variabel signifikan. Dan Ho ada di daerah penolakan berarti Ha diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 09:44
Last Modified: 19 Nov 2020 03:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10035

Actions (login required)

View Item View Item