Pengembangan Model Pembelajaran Salat Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) di Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Surakarta Tahun 2019

ANNISA, FAQIH (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Salat Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) di Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Surakarta Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS FAQIH ANNISA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Model Pembelajaran Salat Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) di Organisasi Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Surakarta Tahun 2019 Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M.Si. Obyek kajian dari penelitian ini adalah Pengembangan Model Pembelajaran Salat Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) di Organisasi Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan model, mengetahui efektivitas pengembangan model pembelajaran salat berbasis bahasa isyarat indonesia (BISINDO) dalam meningkatkan kemampuan hafalan dan pemahaman bacaan salat di Organisasi GERKATIN (Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia) Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan mengenai analisis data, penulis menggunakan model ADDIE merupakan singkatan yang mengacu pada proses-proses utama dari sistem pengembangan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi), guna untuk mempermudah penulis dalam memaparkan data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, Pengembangan Model Pembelajaran Salat Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dibuat melalui beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, pengujian dan evaluasi. Kedua, Bentuk-bentuk kegiatan pendidikan agama Islam dalam upaya pembinaan ibadah yang berfokus pada Salat. Ketiga, Faktor pendukung pembinaan ibadah salat dengan adanya hasil produk berupa media pembelajaran salat yang berbentuk buku panduan salat dan video berbasis bahasa isyarat indonesia (BISINDO). Sedangkan faktor penghambatnya antara lain fasilitas pendukung, sarana dan prasarana yang dirasa kurang dan keterbatasan jumlah relawan pengajar Organisasi serta keterbatasan akses informasi dalam segi keagamaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Salat, Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), Organisasi Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 11:12
Last Modified: 19 Nov 2020 11:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item