EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019-2020

ALBAB, M ILHAM FIKRI ULUL (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019-2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
M.ILHAM FIKRI ULUL ALBAB 23060160045.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ulul Albab, M.Ilham Fikri. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Ajaran 2019-2020. Kata Kunci: Problem Posing tipe Pre-Solution Posing, Kemampuan Berfikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitas model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dilihat dari perbedaan rata-rata kemampuan berfikir kritis antara model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Salatiga tahun Pelajaran 2019/2020 materi Sistem Pernafasan Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian berupa Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII H SMP Negeri 6 Salatiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kemampuan berfikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) hasil uji One Sample t Test rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa kelas yang mendapat pembelajaran model problem posing tipe pre-solution posing yaitu sebesar 82,00, sedangkan rata-rata kemampaun berfikir kritis siswa kelas yang mendapat pembelajaran konvensional yaitu sebesar 74,38, (2) hasil uji Independent Sample t Test diperoleh nilai signifikansi 0,001 untuk kemampuan berfikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing efektif untuk kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2019-2020 pada materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 13:32
Last Modified: 19 Nov 2020 06:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10063

Actions (login required)

View Item View Item