IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL FALAH SALATIGA

Majid, Za'far Anis (2020) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL FALAH SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ZA'FAR ANIS MAJID PAI 23010150087.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1-5 FIXXX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Majid, Za’far Anis. 2020. Implementasi Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga. Skripsi, Salatiga, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Mas’ud. M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Multikultural Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Desain Pendidikan Multikultural, Implementasi Pendidikan Multikultural, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana desain pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. 2) Bagaimana implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, ustadz/ustadzah dan santriwan/santriwati Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah Salatiga, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural telah berjalan dengan baik dengan desain antara lain; kebersamaan, kesetaraan, kegiatan harian yang terjadwal, tata tertib pondok pesantren. Implementasi pendidikan multikultural diterapkan dengan belajar hidup berdampingan dengan masyarakat, pembiasaan kepada santri-santrinya untuk selalu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, tanggung jawab dan disiplin, santrinya memiliki niat dan tujuan yang sama yaitu mengaji dan menuntut ilmu, ustadz/ustadzah memberikan teladan yang baik bagi santri-santrinya. Adapun faktor pendukung Implementsi Pendidikan Multikultural yaitu: Boarding School; sehingga semua kegiatan dilakukan bersama-sama dan mudah untuk mengkontrol semua kegiatan yang dilaksanakan santri sehari-hari. dan santri yang bervariatif. Sedangkan faktor penghambat, SDM (sumber daya manusia), ada santri yang tidak mau berbaur dengan teman lain dilain kegiatan yang telah dijadwalkan dan belum mempunyai perguruan tinggi, sehingga santri-santri mahasiswa kuliah diluar pondok pesantren hal ini menjadikan pihak pondok tidak bisa mengkontrol perilaku mereka ketika sedang di kampus ataupun di luar pondok.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:14
Last Modified: 20 Nov 2020 01:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item