Seno, Wachid Palguna Bayu (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI STATISTIKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MTs NEGERI DI GROBOGAN. [UNSPECIFIED]
Text
Wachid_Palguna_Bayu_Sena_23070160095.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian adalah mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mata pelajaran matematika materi statistika kelas IX pada MTs Negeri di Grobogan Tahun 2020, banyak sekali kesulitan yang dialami guru, dari tidak terbiasanya guru menggunakan internet sebagai komponen utama dalam mengajar. Kebijakan social distancing maupun physical distancing guna meminimalisir penyebaran covid-19 mendorong semua elemen pendidikan untuk mengaktifkan kelas meskipun sekolah tutup. Penutupan sekolah menjadi langkah mitigasi paling efektif untuk meminimalisir penyebaran wabah pada anak-anak. Solusi yang diberikan yakni dengan memberlakukan pembelajaran di rumah dengan memanfaatkan berbagai fasilitas penunjang yang mendukung. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas IX MTs Negeri di Grobogan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel Issac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% dan teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah menyebar angket menggunakan aplikasi google formulir, angket berisikan 30 butir pernyataan terdiri dari 4 opsi dengan poin 1-4 yaitu sangat tidak setuju (1), tidak setuju (2), setuju (3), sangat setuju (4) kemudian hasil respon siswa dianalisis menggunakan SPSS 16. Hasil ini menunjukan kesulitanPembelajaran daring pada MTs Negeri di Grobogan menggunakan media yang memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa dapat mengikuti belajar statistika melalui pembelajaran daring namun dengan beberapa kendala yaitu terkait jaringan internet, siswa yang kurang fokus, siswa tidak mampu belajar mandiri pada materi statistika yaitu populasi, mean, modus, penyajian data tunggal. Kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IX MTs Negeri di Grobogan adalah kendala teknis signal dan ketidak mampuan dalam belajar daring berupa jaringan yang kurang stabil, siswa kurang fokus ketika guru menjelaskan, siswa kurang siap dari segi belajar materi. Kesulitan yang dialami siswa kelas IX MTs Negeri di Grobogan dapat sedikit berkurang apabila stake holder berperan penting dalam memfasilitasi siswa dalam pembelajaran daring kemudian menjadi fasilitator untuk siswa terutama orang tua yang paling dekat dengan siswa. Siswa lebih mengandalkan orang tua untuk membantu setiap kesulitan belajar statistika melalui pembelajaran daring dalam menyelesaikan tugas statistika yaitu mean, modus, penyajian data tunggal yang ditemui, orang tua yang mampu dalam segi ekonomi juga memberikan fasilitas berupa guru les supaya membantu putra/putrinya ketika belajar statistika melalui pembelajaran daring
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 11:36 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 04:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10113 |
Actions (login required)
View Item |