PENGELOLAAN NILAI KARAKTER ENTERPREUNERSHIP DI MIN 1 KENDAL

Kamila, Rosssa (2021) PENGELOLAAN NILAI KARAKTER ENTERPREUNERSHIP DI MIN 1 KENDAL. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ROSSA KAMILA_23040160103.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kamila, Rossa. 2020. Pengelolaan Nilai Karakter Enterpreunership di MIN 1 Kendal. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M. Pd Kata kunci: Pengelolaan, Nilai, Karakter, Enterpreunership Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui model penanaman nilai-nilai karakter enterpreunership yang ditanamkan guru kepada siswa MIN 1 Kendal, 2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang menghambat jalannya penanaman nilai-nilai karakter enterpreunership yang ditanamkan guru kepada siswa MIN 1 Kendal, 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala-kendala penanaman nilai-nilai karakter enterpreunership di MIN 1 Kendal, 4) Untuk mengetahui hasil dari penanaman nilai-nilai karakter enterpreunership oleh guru pada siswa di MIN 1 Kendal. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, orang tua siswa, dan peserta didik di MIN 1 Kendal. Objek penelitian berupa pelaksanaan pendidikan kewirausahaan meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta hasil dari penanaman nilai-nilai kewirausahaan di MIN 1 Kendal. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian didapatkan: 1) Pendidikan kewirausahaan dilaksanakan menjadi dua model, yaitu dengan pembelajaran kewirausahaan yang diintegerasikan dengan seluruh mata pelajaran pada suatu tema pembelajaran tertentu dan melakukan praktek berjualan langsung melalui kegiatan market day. 2) Kendala yang dihadapi adalah berupa kurangnya prasarana untuk dijadikan lapak berjualan, kurang sistematisnya teknik pelaksanaan, kurang terawatnya dokumentasi proses pendidikan kewirausahaan, siswa yang lalai akan tugasnya, dan keluhan dari orang tua karena hasil penjualan tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan. 3) Solusi yang ditawarkan sekolah adalah membangun kerja sama dengan orang tua untuk melakukan kontrol di rumah, meningkatkan sistem pelaksanaan, dan memperbaiki sistem penyimpanan dokumen-dokumen penting secara berkala. 4) Hasil penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada siswa di MIN 1 Kendal melalui model pendidikan kewirausahaan menunjukkan karakter peserta didik yang mandiri, kerja keras, kreatif, dan berinovasi tinggi yang dibuktikan dari hasil wawancara dengan guru, orang tua, dan siswa yang menunjukkan keberhasilan pendidikan kewirausahaan ini.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2021 10:01
Last Modified: 26 Jan 2021 03:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item