PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENDENGARAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALPADA SISWA KELAS IV MI AL-ITTIHAD CITROSONO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020

, Amalia Setianing Putri (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENDENGARAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALPADA SISWA KELAS IV MI AL-ITTIHAD CITROSONO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Amalia Fiks print.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Amalia Setianing. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pendengaran Manusia Melalui Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV MI Al-Ittihad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021.Skripsi.Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pendengaran Manusia, Model Auditory Intellectualy Repetition, Media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunanaan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Pendengaran Manusia bagi siswa kelas IV MI Al-Ittihad Citrosono Garabag magelang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Ittihad Citrosono Grabag Magelang. Dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data di analisis secara ststistik menggunakan rumus persentase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model auditory intellectualy repetition dan media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar IPA materi pendengaran manusia siswa kelas IV MI Al-Ittihad Citrosono kecamatan Grabag kabupaten Magelang Tahun pelajaran 2020/2021. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I (50%) dan siklus I ke siklus II (90%). Hal ini dapat di lihat dari peningkatan nilai pada siklusnya. Dari 18 siswa pada siklus I (50%) yang tuntas belajar dan (50%) belum tuntas belajar. Siklus II terdapat 16 siswa (90%) yang tuntas belajar dan tidak tuntas 2 siswa (10%). Berdasarkan hasil tersebut maka siklus di hentikan, karena sudah memenuhi ketuntasan klasikal 85%.Siswa yang tidak tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa pengayaan dan remidi yang di pantau oleh guru sehingga di harapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2021 10:08
Last Modified: 26 Jan 2021 10:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item