Priyanto, . (2015) HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV, V, VI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013-2014 DI MADRASAH IBTIDAIYAH WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Priyanto_11411007.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa. Namun dari berbagai faktor tersebut, yang sering dan paling berpengaruh adalah faktor guru PAI, karena guru berada di garda terdepan dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia. Ditangan gurulah akan dihasilkan peserta didik yang berkualitas baik secara akademis, skill (keahlian), kematangan emosional, dan moral serta spiritual. Dengan demikian profesionalisme guru PAI dalam mengajar akan menentukan prestasi belajar PAI siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui profesionalisme guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV, V, VI semester II Tahun Pelajaran 2013-2014 di Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang, 3)Untuk mengetahui hubungan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV, V, VI semester II Tahun Pelajaran 2013-2014 di Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso KecamatanPringapus Kabupaten Semarang. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengujian hipotesa (explanatory research). Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang siwa Kelas IV,V, VI Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso. Data primer diperoleh melalui pengisian kuesioner, dan data sekunder diperoleh dari catatan administrasi Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso. Kemudian alat analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah korelasi Spearman rank.Hasil temuan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan profesionalisme Guru PendidikanAgama Islam dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa KelasIV, V, VI semester II Tahun Pelajaran 2013-2014 di Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang”, dibuktikan nilai p-value(0,000) < 0,05. Untuk itu sesuai dengan hasil penelitian ini saran yang diberikan adalah 1) Guru hendaknya melakukan evaluasi kembali penguasaan materi, metode pembelajaran yang selama ini diterapkan, dan perlu keseriusan dan kehati-hatian dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa, 2) Kepala sekolah hendaknya mengambil langkah-langkah sebagai berikut: a) Melakukan evaluasi kinerja guru sehingga secara dini, b) Melakukan supervise klinisdengan mengamati secara seksama saat guru melakukan proses pembelajaran di dalam kelas, c) Mentraining guru-guru yang dianggap kurang mampu mengajar dengan baik di sekolah-sekolah lain yang dianggap lebih maju, d) Memperjuangkan besarnya kompensasi yang diterima guru-guru honorer, e) Memperjuangkan status guru-guru honorer agar dapat diangkat sebagai guru PNS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2016 05:55 |
Last Modified: | 10 Feb 2016 05:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/102 |
Actions (login required)
View Item |