IMPLEMENTASI KONVERGENSI MEDIA DALAM JURNALISME RADIO DAKWAH DI ERA DIGITAL (STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM “JENDELA INFORMASI” DI RADIO BASS FM SALATIGA)

Sari, Fika Hamida (2021) IMPLEMENTASI KONVERGENSI MEDIA DALAM JURNALISME RADIO DAKWAH DI ERA DIGITAL (STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM “JENDELA INFORMASI” DI RADIO BASS FM SALATIGA). [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi fika hamida.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi konvergensi media dalam jurnalisme radio dakwah di Bass FM yang terlihat pada program “Jendela Informasi”. Salah satu hal penting dalam proses konvergensi media adalah adanya kolaborasi antar media. Pada umumnya konvergensi yang sering dilakukan terdapat pada sisi penyajian konten yaitu dengan saling berbagi informasi (sharing content) Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh penerapan konvergensi media di Radio Bass FM Salatiga pada era digital. (2) menjelaskan bentuk praktik konvergensi jurnalistik radio dakwah pada program “Jendela Informasi” di Radio Bass FM Salatiga pada era digital. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat siaran radio dakwah dalam era digital. Dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara station manager, digital marketing, humas radio dan announcer Bass FM dan sumber data sekunder berupa dokumen pribadi radio, foto-foto dalam penelitian dan berasal dari dari website yang berkaitan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh implementasi konvergensi media dalam Radio Bass FM dalam prosesnya sudah menggunakan berbagai kecanggihan teknologi internet dan berbagai media sosial untuk membantu dalam hal publikasi beberapa informasi atau saat siaran. Pengaruh tersebut dapat terlihat pada berbagai media baru yang sudah digunakan oleh Bass FM seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Website resmi Bass FM. Meskipun dalam hal ini Radio Bass FM belum mengarahkan proses penyiarannya untuk pemanfaatan aplikasi radio digital. Selanjutnya bentuk praktik jurnalistik Radio Bass FM Salatiga pada program “Jendela Informasi” dikaji menggunakan konvergensi jurnalistik. Beberapa bentuk konvergensi jurnalistik seperti konvergensi newsroom, konvergensi newsgathering, dan konvergensi content diterapkan di Radio Bass FM. Kemudian beberapa faktor pendukung dalam proses siaran di Radio Bass FM antara lain semakin dimudahkan dalam memperoleh atau berbagi suatu informasi, dapat menjangkau pendengar lebih luas dengan streaming online dan dari sisi bisnis, dapat membantu branding nama radio lebih meluas dan tingkat kepercayaan pengiklan juga semakin meningkat sementara hambatannya adalah terdapat pada lemahnya koneksi internet.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2021 10:22
Last Modified: 16 Feb 2021 04:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item