BISYRI, KHOLIL (2021) ANALISIS ETNOMATEMATIKA PADA UKIRAN JEPARA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Kholil_Bisyri_23070160049.pdf Download (4MB) |
Abstract
Bisyri, Kholil. 2020. Anlisis Etnomatematika Pada Ukiran Jepara dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, M. Pd. Kata Kunci : Etnomatematika; Ukiran Jepara; Pembelajaran Matematika Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui unsur-unsur etnomatematika pada ukiran Jepara dalam pembelajaran matematika dan implementasi etnomatematika pada ukiran Jepara dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada ukiran Jepara. Model penelitian ini merupakan salah satu model penelitian yang baik untuk memperoleh dan mengumpulkan data asli (original data) untuk mengeksplorasi adanya etnomateatika pada ukiran Jepara. Untuk mendapatkan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat usur etnomatematika pada ukiran khas Jepara. Etnomatematika yang ditemukan pada ukiran tempel fentilasi pada dinding rumah yang memiliki unsur pecahan. Ukiran tempel lainnya juga terdapat unsur matematika bangun datar dan bangun ruang yang menjadi ciri dari ukiran dengan bentuk dasar bangun datar maupun bangun ruang. Selanjutnya unsur kekongruenan yang banyak ditemukan pada ukiran gebyok. Ukiran khas Jepara lainnya yang mengandung etnomatematika juga terdapat pada ukiran minimalis meja dan kursi yaitu konsep simetri yang diterapkan pada pembentukan pola pada saat prosuksi ukiran. Konsep matematika terakhir yang ditemukan pada ukiran khas Jepara yaitu transformasi geometri yang terdapat pada ukiran minimalis meja dan gebyok. Implementasi etnomatematika pada pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di sekolah ialah bahan pembelajaran yang berupa ringkasan lembar kerja siswa yang berkaitan dengan budaya lokal ukiran khas Jepara pada materi pecahan, bangun datar dan bangun ruang, kekongruenan, konsep simetri, serta transformasi geometri yang dipelajari pada jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 11:05 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 11:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10338 |
Actions (login required)
View Item |