IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPIT NIDAUL HIKMAH, KECAMATAN ARGOMULYO, KOTA SALATIGA, TAHUN 2020

Ambarwati, Vina Rizky (2021) IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPIT NIDAUL HIKMAH, KECAMATAN ARGOMULYO, KOTA SALATIGA, TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
VINA RIZKY AMBARWATI 23070160148.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi e-learning yang digunakan guru dalam mendukung proses pembelajaran matematika, danapa saja manfaat yang diterima sertaapa saja kendalayang dihadapi guru dan siswa dalam implementasi e-learningsebagai pendukung pembelajaranmatematika di SMPIT Nidaul Hikmah, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Tahun 2020. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap kepala sekolah, pendidik (guru matematika), dan siswa serta dokumen-dokumen dari sekolah terkait kegiatan di sekolah, profil sekolah, dan sistem pembelajaran di sekolah.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, implementasi e-learning yang digunakan di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga sangat mendukung proses pembelajaran terutama di tengah pandemicovid-19 saat ini. Aplikasi Grup Whatsapp, Zoom dan Youtube digunakan dalam imlementasi e-learning pada pembelajaran matematika, namun karena e-learning baru pertama kali diterapkan maka hasilnya pun kurang maksimal.Kedua, manfaat yang diterima dalam implementasi e-learning sebagai pendukung pembelajaran adalah: tetap dapat berjalannya proses pembelajaran di tengah pandemicovid-19, sekolah dapat menerapkan model pembelajaran baru, guru dan siswa dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang dimilikinya dengan bijak, guru dapat mengetahui kreatifitas siswa yang diterapkan melalui tugas proyek, dan sumber belajar siswa menjadi lebih luas.Ketiga, kendala yang dihadapi dalam implementasi e-learning sebagai pendukung pembelajaran yaitu, menghabiskan kuota internet yang cukup banyak, jaringan internet tidak stabil, pembelajaran tidak dapat diikuti oleh semua siswa secara bersamaan, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh beberapa siswa kurang memadai, pembelajaran dengan e-learning tidak dapat diikuti oleh anak berkebutuhan khusus, sekolah dan guru kurang memiliki pengalaman terkait pembelajaran dengan e-learning,dan siswa sulit memahami materi yang diberikan terutama dalam pelajaran matematika.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2021 11:35
Last Modified: 18 Feb 2021 04:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item