Endarwati, (2021) PROSES BERPIKIR REFRAKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT PADA SISWA KELAS IX MTS AL MANAR KEC.TENGARAN KAB.SEMARANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI ENDARWATI 23070160101.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Endarwati. 2020. Proses Berpikir Refraktif Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Pada Siswa Kelas IX MTs Al-Manar Kec. Tengaran . Kab.Semarang Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir Refraktif, PISA, Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir refraktif siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan soal matematika berstandar PISA pada siswa kelas IX MTs Al Manar Kec. Tengaran Kab. Semarang. Perbedaan proses berpikir refraktif siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan soal matematika berstandar PISA pada siswa kelas IX MTs Al Manar Kec. Tengaran Kab. Semarang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian adalah tujuh siswa kelas IX A dengan tipe kepribadian ekstovert dan lima siswa kelas IX A dengan tipe kepribadiaan introvert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil tes tertulis dan wawancara kepada subjek penelitian menunjukkan bahwa siswa ekstrovert dan introvert memiliki proses berpikir refraktif yang sama pada tiga tahap awal yaitu mengumpulkan informasi, menafsirkan informasi dan menghubungan setiap informasi dengan pengetahuan sebelumnya untuk menyelesaikan soal. Sedangkan perbedaan proses berpikir refraktif siswa ekstrovert dan introvert terlihat pada cara penyampaian informasi baik tertulis maupun lisan. Selanjutnya proses menemukan solusi penyelesaian yang mana siswa ekstrovert lebih singkat dan siswa introvert lebih detail runtut dan rinci. Siswa ekstrovert melakukan pemeriksaan intuitif dengan mengecek perhitungan ulang jawaban secara lisan sedangkan siswa introvert melakukan pemeriksaan intuitif dengan pembuktian formal dimulai dari mengecek informasi yang diketahui maupun ditanya serta perhitungan dalam menentukan jawaban atau kesimpulan. secara tertulis sebelum wawancara berlangsung.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 12:46 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 12:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10370 |
Actions (login required)
View Item |