STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN STANDAR PROSES DI SEKOLAH BERPRESTASI DI SMP NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WIDYAWATI, ANNA NOOR (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN STANDAR PROSES DI SEKOLAH BERPRESTASI DI SMP NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi ana.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan standar proses di SMP Negeri 1 sragen serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan standar proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang diperoleh diolah dan dijelaskan dalam deskripsi penulis. Dengan memperoleh data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumetasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam mengembangkan standar proses disekolah berprestasi di SMP Negeri 1 Sragen bahwa guru harus mempunyai strategi dalam pengembangan standar proses, diantaranya sebagai berikut: Strategi Pembelajaran ekstoitori adalah strategi pembelajaran menggunakan bentuk pembelajaran yang lebih menekankan pada tutur kata atau bercerita, Strategi pembelajaran konstekstual adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa serta mengaitkan materi dengan kehidupan dunia nyata.Strategi pembelajaran PAIKEM ialah strategi pembelajaran yang digunkan di SMP Negeri 1 Sragen ini menggunkan metode tertentu dan media pengajaran yang melibatkan pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.Strategi pengembangan standar proses meliputi perencanan, pelaksanaan dan penilian. Faktor pendukung dalam pengembangan standar proses sarana dan prasarana sudah lengkap di SMP Negeri 1 sragen, Adanya kegiatan ekstrakulier rohis dan buku imtaq, Adanya dukungan dari guru mata pelajarn lain dalam mengembangkan standar proses di SMP Negeri 1 sragen. Sedangkan faktor penghambat dalam pengembangan standar proses ialah am terakhir mata pelajaran pendidikan agama islam yang membuat siswa sudah merasa jenuh dan mengantuk, kurangnya minat dalm mengikuti pelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2021 13:18
Last Modified: 19 Feb 2021 13:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item