MALIKAH, SITI (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME DI PONDOK PESANTREN API AL-RIYADLOH KESONGO TUNTANG SEMARANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
skripsi pdf siti malikah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini di latar belakangi oleh keadaan masyarakat yang plural dan majemuk di lingkungan sekitar pondok pesantren dan di dalam pondok pesantren API Al-Riyadloh desa Kesongo kecamatan Tuntang kabupaten Semarang, sehingga dalam proses pelajaran dan pembelajaran di pondok pesantren API Al-Riyadloh dikemas dengan pendidikan Islam yang berwawasan plural. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja penanaman nilai-nilai pluralisme yang ada di pondok pesantren API Al-Riyadloh. 2) Apa implikasi yang didapat dari penanaman nilai-nilai pluralsime di pondok pesantren API Al-Riyadloh terhadap pembelajaran pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia, yang lebih memperhatikan mengenai karakteristik, kualitas, keterkaitan antar kegiatan yang ada di pondok pesantren API Al-Riyadloh. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, melalui analisis deskriptif peneliti mendeskripsikan informasi yang telah didapat dalam proses penelitian. Pengecekan data dalam rencana penelitian ini menggunakan pendekatan triangulasi data dan triangulasi metode, sehingga informasi yang diperoleh selalu dibandingkan dan diuji dengan data atau informasi yang lain. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagai berikut: 1) Penanaman nilai-nilai pluralisme yang ada di pondok pesantren API Al-Riyadloh diantaranya: a) Menghormati kebebasan beragama; b) Lahir budaya saling tolong-menolong; c) Menerapkan keadilan sebagai basis berperilaku dan bersikap; d) Menumbuhkan kepedulian sosial di masyarakat. 2) Implikasi penanaman nilai-nilai pluralisme terhadap pendidikan Islam diantaranya adalah: a) Materi ajar dan pembelajaran bersifat inklusif; b) Moderat dalam menanamkan ajaran agama; c) Seimbang porsi dan proporsi pembelajaran kebutuhan dunia dan akhirat; d) Toleran dalam membentuk aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada peserta didik.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 15:40 |
Last Modified: | 20 Feb 2021 15:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10381 |
Actions (login required)
View Item |