FAROZI, AHMAD (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III B MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
AHMAT FAROZI 23040160181.pdf Download (3MB) |
Abstract
Farozi, Ahmat. 2021. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Pandemi Covid-19 Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada tiga hal, yaitu: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian meliputi sumber primer yaitu dengan mewawancarai kepala madrasah, guru/wali kelas dan siswa kelas III B MI Ma’arif Mangunsari. Kemudian sumber sekunder yaitu dengan mengumpulkan dokumen melalui orang yang tidak berkepentingan sebagai penguat wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan melalui dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data dibantu dengan peralatan elektronik, lalu penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di kelas III MI Ma’arif Mangunsari adalah dengan menggunakan metode ceramah yang dibuat dalam bentuk video, daring, home visit, luring, dan metode penugasan atau praktek. Untuk mensukseskannya guru melakukan upaya atau pendekatan dengan memberikan penghargaan khusus bagi siswa yang berprestasi, memberi angka/nilai, memberi materi-materi yang berhubungan dengan kehidupan siswa, memberi pujian dan hadiah bagi siswa yang giat dan aktif belajar. (2) Faktor pendukung yaitu dari segi internal siswa takut tidak naik kelas atau ketinggalan pelajaran, dari segi eksternal guru membangun kerjasama dengan orang tua siswa, kemudian sarana dan prasarana yang dimiliki dari lingkungan keluarga atau madrasah seperti handphone, laptop, dan kuota serta guru juga selalu memberikan motivasi kepada anak didik khususnya bagi siswa yang membutuhkan bimbingan khusus. (3) Faktor penghambat yaitu terdapat faktor internal berupa siswa yang mempunyai rasa malas dan lebih mementingkan kegiatan lainnya, faktor eksternalnya yakni dari lingkungan dan kondisi keluarga seperti orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya, disisi lain dari keluarga siswa hanya mempunyai satu handphone dan ditempat tinggal keadaan sinyalnya kurang mendukung.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Feb 2021 16:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2021 09:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10385 |
Actions (login required)
View Item |