PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

UMA, HESTI ARIFATUL (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
HESTI ARIFATUL UMA 23060160075.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Uma, Hesti Arifatul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd Kata kunci: audiotory intellectually repetition; media audio visual; hasil belajar ipa; sistem pencernaan manusia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan media audio visual siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari tahun pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan kolaborasi antara guru mata pelajaran IPA dan peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan secara individual dan klasikal. Secara individual, siswa dapat dinyatakan mencapai keberhasilan dalam pembelajaran apabila telah mendapatkan nilai sama atau lebih besar dari KKM ( ≥70). Selanjutnya, penelitian dinyatakan berhasil jika terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal apabila 85% dari jumlah siswa telah mencapai KKM dan siklus dapat dihentikan.. Subjek penelitian ini yaitu siswi kelas VIII SMP Dharma Lestari sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan pada siswa kelas VIII F SMP Dharma Lestari tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I yang tuntas KKM adalah 20 siswa dengan persentase 64,51% dan yang tidak tuntas KKM sebanyak 11 siswa dengan persentase 35,49%. Pada siklus II yang tuntas KKM sebanyak 27 orang dengan persentase 87,1% dan untuk yang tidak tunts KKM sebanyak 4 siswa dengan persentase 12,9%. Karena indikator keberhasilan secara klasikal sudah memenuhi yaitu siswa yang mendapatkan nilai ≥70 persentasenya mencapai 85% maka siklus dihentikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2021 12:51
Last Modified: 22 Feb 2021 07:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item