PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, KUALITAS LAYANAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING (Studi Kasus Nasabah BRI Syariah KC Semarang)

MAHMUDAH, RAHMATIKA (2021) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, KUALITAS LAYANAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING (Studi Kasus Nasabah BRI Syariah KC Semarang). [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudah, Rahmatika. 2020. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Word of mouth Terhadap Minat Penggunaan Mobile banking (Studi Kasus Nasabah BRI Syariah KC Semarang). Skrispi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rosana Eri Pusita, M.B.A. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, kualitas layanan, dan word of mouth terhadap minat penggunaan mobile banking studi kasus nasabah BRI Syariah KC Semarang. Pengumpulan data diperoleh melalui data primer dengan cara menyebar angket. Responden yang dipergunakan sejumlah 60 nasabah. Kemudian data yang sudah diperoleh dari respondek diolah menggunakan aplikasi statistik yaitu SPSS 23. Metode analisis data meliputi uji instrumen penelian, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji F, dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking. Namun berbeda pada kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan, Kepercayaan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan, dan Word of mouth secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking. Rekomendasi untuk pihak bank yaitu pihak bank dapat melakukan pembaharuan fasilitas-fasilitas layanan mobile banking agar nasabah dapat dengan mudah menerima kegunaan dan kemudahan dari layanan mobile banking tersebut. Kemudian pihak bank juga harus meningkatkan keamanan serta kualitas layanan untuk menjaga kepercayaan nasabah atas penggunaan mobile banking. Menambah jaringan nasabah dalam penggunaan mobile banking dengan cara melakukan word of mouth juga harus tetap dijaga dengan pesan-pesan yang baik agar sampai dimasyarakat sebagai rekomendasi untuk menggunakan mobile banking. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu penelitian ini dilakukan di saat masa pandemi covid-19 sehingga sedikit sulit menemukan responden dengan berbagai karakter yang berbeda. Keywords : Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan,Kualitas Layanan, Minat Penggunaan Mobile banking.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2021 13:21
Last Modified: 22 Feb 2021 06:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item