FAJRIANI, INNAYATUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP ISLAM AZ-ZAMIR TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
INNAYATUL FAJRIYANI 23060160038..pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap motivasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap prestasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Az-Zamir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling pada seluruh siswa SMP Islam Az-Zamir yaitu kelas VIII dan IX. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Kolerasi Product Moment, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar saat pandemi Covid-19 terbukti dari hasil rata-rata nilai raport kelas VIII dari 76,636 menjadi 84,136 dan pada kelas IX dari 78,344 menjadi 81,938. Kemudian terdapat pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap motivasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 dilihat dari hasil uji T nilai Sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 37,2% dengan persamaan regresi linear sederhana
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 14:16 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10430 |
Actions (login required)
View Item |