PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MATERI HAJI DAN UMROH MELALUI STRATEGI PLANTED QUESTIONS PADA SISWA KELAS VIII - 4 MTs NURUSSALAM TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2019/2020

hidayat, dedy (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MATERI HAJI DAN UMROH MELALUI STRATEGI PLANTED QUESTIONS PADA SISWA KELAS VIII - 4 MTs NURUSSALAM TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI DEDY.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hidayat, Dedy. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh melalui Strategi Planted Questions pada Siswa Kelas VIII-4 MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Fiqih, Strategi Planted Questions Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas VIII-4 MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat peserta didik yang nilainya masih di bawah Kriteria Belajar Minimal (KBM) yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah yakni 75. Hal ini memungkinkan karena kurangnya penerapan strategi yang tepat dalam pembelajaran fiqih. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan Strategi Planted Questions dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Strategi Planted Questions Pada Siswa Kelas VIII-4 MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII-4 MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui Strategi Planted Questions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 7 anak (19,44%) dari 36 siswa dengan nilai rata-rata kelas 66. Pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 26 anak (72,22%) dan pada siklus II terdapat 34 anak (94,44%) peserta didik yang tuntas. Jadi pada pra siklus ke siklus I ketuntasan meningkat sebesar 52% dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkat sebesar 22%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2021 14:45
Last Modified: 23 Feb 2021 14:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10454

Actions (login required)

View Item View Item