PEMBINAAN KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DI SMA NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Fitriani, Ani (2021) PEMBINAAN KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DI SMA NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Ani Fitriani 23010160124 Pendidikan Agama Islam IAIN Salatiga.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fitriani, Ani. 2020. Pembinaan Keagamaan melalui Kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) di SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Pembinaan, Keagamaan, Kerohanian Islam Pembinaan keagamaan di sekolah dapat dilaksanakan melalui berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah melalui kegiatan yang diadakan oleh organisasi Kerohanian Islam (ROHIS). Kegiatan ROHIS ini sangat bermanfaat bagi semua peserta didik terutama dalam menambah pengetahuan keagamaan serta membentuk akhlak peserta didik di luar jam pelajaran dikarenakan jam pelajaran di kelas dirasa masih belum cukup dan perlu adanya tambahan ROHIS memiliki berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh peserta didik yang beragama Islam. Jadi, kegiatan ROHIS ini menjadi sarana praktis dalam pembinaan keagamaan di SMA Negeri 1 Bringin selain di dalam kelas. Tujuan penelitian yang hendak dicapai yaitu: (1) Untuk mengetahui pembinaan keagamaan Islam melalui kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) di SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Untuk mengetahui faktor pendukung pembinaan keagamaan melalui kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) di SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung pembinaan keagamaan melalui kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) di SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembinaan keagamaan melalui kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) yaitu berlandaskan al-Qur’an dan hadist, pembinaan dilakukan dengan cara pembiasaan yang dilakukan melalui program kerja ROHIS yang meliputi program kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Namun, di masa pandemi Covid-19 pembinaan keagamaan melalui kegiatan ROHIS dialihan dalam kegiatan virtual (online). Metode yang digunakan adalah diskusi, ceramah dan pembiasaan. Materi pembinaan berupa aqiddah, syariat dan akhlak. (2) Faktor pendukung dalam pembinaan keagamaan melalui kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) adalah antusiasme peserta didik, metode yang menarik dan beragam, terjalinnya kerjasama antar pengurus, anggota ROHIS maupun siswa yang baik, dukungan dari berbagai pihak seperti kepala sekolah, guru PAI ataupun guru-guru yang lainnya, sumber dana dari sekolah, dan sarana prasarana yang memadai. (3) Faktor penghambat pembinaan keagamaan melalui kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) adalah adanya Pandemi Covid-19, waktu yang terbatas, kurangnya guru yang kompeten dan perduli dalam kegiatan keagamaan, banyaknya kegiatan sehingga terdapat kegiatan yang saling berbenturan, kurangnya keterbukaan peserta didik yang ingin dibina.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:27
Last Modified: 24 Feb 2021 08:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10458

Actions (login required)

View Item View Item