Utami, Hanifah Putri (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII MTs DARUL ULUM SURUH PADA MATERI POLA BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Hanifah Putri Utami.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan koneksi matematis ditinjau dari perbedaan gender siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Suruh pada materi Pola Bilangan tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 5 subjek peserta didik laki-laki dan 5 subjek peserta didik perempuan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketercapaian indikator koneksi matematis pada peserta didik laki-laki adalah 60% menghubungkan pengetahuan konseptual dengan pengetahuan prosedural, 40% merelasikan berbagai representasi konsep atau prosedur satu sama lainnya, 60% mengenali hubungan antara topik-topik berbeda dalam matematika, 20% menggunakan matematika dalam area-area lainnya, serta menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. (2) Ketercapaian indikator koneksi matematis pada peserta didik perempuan adalah 80% menghubungkan pengetahuan konseptual dengan pengetahuan prosedural, 40% merelasikan berbagai representasi konsep atau prosedur satu sama lainnya, 60% mengenali hubungan antara topik-topik berbeda dalam matematika, 40% menggunakan matematika dalam area-area lainnya, serta menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. (3) Secara keseluruhan, kemampuan koneksi matematis peserta didik laki-laki maupun perempuan pada dasarnya sama. Akan tetapi dilihat dari ketercapaian indikator koneksi matematis, peserta didik perempuan lebih unggul daripada peserta didik laki-laki dalam menghubungkan pengetahuan konseptual dengan pengetahuan prosedural dan menggunakan matematika dalam area-area lainnya, serta menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 17:44 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 07:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10483 |
Actions (login required)
View Item |