NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM PERKADERAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG SALATIGA SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Kewajiban dan Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh: Syarif Abdul Rochim NIM. 11114024 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA TAHUN 2020

Rochim, Syarif Abdul (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM PERKADERAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG SALATIGA SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Kewajiban dan Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh: Syarif Abdul Rochim NIM. 11114024 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SYARIF ABDUL ROCHIM 11114024 (Naskah) 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Sistem Perkaderan, Himpunan Mahasiswa Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem perkaderan di HMI Cabang Salatiga dan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang ada dalam sistem perkaderan HMI Cabang Salatiga. Penelitian ini menggunakan paradigma anti positivsme/interpretativisme yang lazim di dunia akademis disebut penelitian kualitatif (qualitative research) dengan jenis rancangan penelitian studi kasus (case study Reaserch). Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yakni wawancara dengan fungsionaris HMI Cabang Salatiga dan sumber data sekunder berupa foto kegiatan, observasi dan dokumen organisasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kualitatif (qualitative interview), observasi kualitatif (qualitative observation) dan dokumen kualitatif (qualitative documents). Analisis data dengan menggunakan mengelola dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, coding data, mendeskripsikan data dan interpretasi. Mengecek keabsaan data menggunakan triagulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola perkaderan HMI Cabang Salatiga secara konseptual terdiri dari 3 tahapan, Pertama, Tahapan Pengenalan. Kedua, Tahapan Pembentukan dan Pengembangan berkaitan dengan 3 (tiga) aspek, yaitu watak dan kepribadian (attitude/behavior/afeksi), ilmu pengetahuan (kognisi), dan keahlian (skill/kompetensi/psikomotorik) Ketiga, Tahapan Pengabdian dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi HMI. Nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan dalam setiap proses perkaderan di HMI Cabang Salatiga diantaranya Disiplin, Akhlakul Karimah, Sikap kritis dan progresif, Taat dalam menjalankan ajaran islam (Religius), Semangat kebangsaan, Bertanggung jawab, Cinta tanah air, Berjiwa Visioner, Berfikir rasional dan objektif, Memiliki kepedulian tinggi, Profesional, Toleransi, Demokratis, Berintegitas, Team Work, Mandiri.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2021 09:18
Last Modified: 01 Mar 2021 02:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item