ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Wisata Religi Di Jawa Tengah)

Muthohar,_Lc,._M.S.I., Dr.Ahmad_Mifdlol (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Wisata Religi Di Jawa Tengah).

[img] Text
Buku Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Buku Zakat Erna Risfaula.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Buku Zakat Erna Risfaula.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meng lisa faktor­faktor yang mempengaruhi pendapatan peana­ dagang dengan variabel etos kerja sebagai variabel moderating, dengan studi kasus di wisata religi di pulau Jawa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pedagang di area Masjid Agung Demak, makam Sunan Kalijaga dan makam Raden Santri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis SPSS versi 16. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji statistik t, uji statistik F, koefsien determinasi (R2), dan uji analisis moderasi dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi berpengaruh positif & tidak signifkan, skill berpengaruh positif dan tidak signifkan, etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifkan, lama usaha berpengaruh positif & tidak signifkan dan lokasi usaha berpengaruh positif dan tidak signifkan terhadap pendapatan pedagang. Sedangkan variabel etos kerja tidak mampu memoderasi variabel gaya komunikasi, skill, lama usaha dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang dan variabel etos kerja mampu memoderasi variabel etika bisnis Islam terhadap pendapatan pedagang.

Item Type: Article
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2021 22:18
Last Modified: 01 Mar 2021 22:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item