PERAN GURU DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2020

Saputriningsih, Desi (2021) PERAN GURU DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DESI SAPUTRININGSIH_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam mendukung peningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas kelas IV di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2020. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru MI dalam mendukung peningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer yaitu hasil wawancara dengan responden yang memiliki data terkait dengan penelitian ini. Sementara sumber sekunder yaitu buku pustaka dan dokumen dari madrasah serta penelitian secara langsung atau observasi di madrasah yang dapat menunjang penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi di Madrasah Ibtidaiah Muhammadiyah Karanganyar. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam mendukung peningkatan hasil belajar IPA yaitu dengan cara melakukan demontrasi terlebih dahulu, memilih metode yang tepat sesuai materi, mendampingi setiap pembelajaran, memfasilitasi siswa dengan sebaik-baiknya, melakukan outing class setahun 2 kali agar siswa bisa belajar langsung pada lingkungan tidak hanya tau lewat materi saja, memberikan evaluasi untuk melihat perkembangan belajar anak, koordinasi dan komitmen antar guru dan wali murid. (2) Faktor pendukung dan pengambat guru dalam mendukung peningkatkan hasil belajar IPA yaitu: (a) Faktor pendukungnya yaitu dengan kelengkaan fasilitas dalam proses belajar mengajar yang lengkap menjadikan guru mudah dalam menyampaikan materi dan siswa juga mudah dalam menerima materi. (b) Faktor penghambat yang pertama adalah faktor kelelahan siswa, dalam faktor ini menjadikan pembelajaran kurang maksimal karna konsentrasi siswa sudah sangat berkurang. (c) Faktor penghambat kedua yaitu faktor dari keluarga dimana siswa kurang perhatian dan pengawasan langsung saat dirumah karna mayoritas wali murid adalah pegawai kantoran yang waktunya habis untuk bekerja.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2021 15:58
Last Modified: 06 Mar 2021 09:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item