Habibi, Ilham Akbar (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN KESENIAN DI MIN 04 KABUPATEN SEMARANG TAHUN2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Akbar Habibi 115-14-051.pdf Download (988kB) |
Abstract
ABSTRAK Habibi, Ilham Akbar. 2021. Implementasi pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran kesenian di MIN 04 Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Pendidikan karakter, Pembelajaran kesenian. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran kesenian pada siswa di MIN 04 Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internal atau eksternal dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran kesenian pada siswa di MIN 04 Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini yaitu 1) Observasi Partisipan yang bertujuan untuk mengamati peristiwa pelaksanaan Implementasi pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran kesenian di MIN 04 Kabupaten Semarang. 2) Wawancara mendalam yang bertujuan untuk menggali informasi kepada narasumber dalam menggali informasi terkait pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran kesenian di MIN 04 Kabupaten Semarang. 3) Dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal atau variabel-variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, agenda atau lain sebagainya. Hasil penelitian bahwa Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kesenian di MIN 04 Kabupaten Semarang yaitu menumbuhkan sikap jujur, berkepedulian dan Empati, mempunyai Rasa Bangga, Sikap Respek, Dapat bersikap Mandiri dan Percaya Diri dalam segala hal, mempunyai ide atau banyak akal, mempunyai tanggung jawab yang tinggi, Menumbuhkan Kreatifitas yang tinggi, Menumbuhkan sikap Sabar, Berani dalam menghadapi setiap masalah dan Integritas, Komitmen, Loyalitas dan Nasionalisme. Faktor pendukung internal dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran kesenian pada siswa di MIN 04 Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2020/2021 yaitu adanya kinerja guru yang baik, adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa, proses pembelajaran yang berkualitas, orang tua siswa turut mendukung dalam peraturan yang dijalankan dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor pendukung eksternal adalah dukungan positif tokoh masyarakat dan warga setempat dan letak Madrasah secara Strategis. Faktor hambatan internalnya adalah pola perilaku siswa yang terkadang sulit diatur dan sarana dan prasarana yang tidak terjaga. Sedangkan faktor hambatan eksternal meliputi kurangnya pengajar khusus bidang seni dan ada beberapa masyarakat kurang minat pada MIN 04 Semarang.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Seni dan Olah Raga |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 07:52 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 08:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10569 |
Actions (login required)
View Item |