, Nur Fatmawati (2021) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS DAN BIMBINGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI MA’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO, KECAMATAN ARGOMULYO, KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [UNSPECIFIED]
Text
NUR FATMAWATI 11514116 FIX.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara fasilitas dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Permasalahan yang diungkap adalah: (1) bagaimanakah fasilitas di MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019? (2) bagaimanakah bimbingan belajar di MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019? (3)bagaimanakah prestasi belajar di MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019?(4) Adakah hubungan fasilitas dan bimbingan terhadap prestasi belajar siswa di MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019? Berdasarkan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas fasilitas dan bimbingan dengan variabel terikat prestasi belajar. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan angket dan dokumentasi. Selanjutnya analisis skripsi ini menggunakan analisis pendahuluan berupa deskripsi dan perhitungan persentase dan analisis lanjut dengan perhitungan rumus korelasi product moment Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) fasilitas belajar di MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 pada umumnya dalam kondisi tinggi. Hal ini dapat dilihat dari 42 siswa 64 % atau 28 siswa mempunyai skor rata-rata 48 berada pada interval 39-49 yakni kategori tinggi. (2) Bimbingan belajar MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 pada umumnya dalam kondisi tinggi. Hal ini dapat dilihat dari 81 % dari 42 siswa atau 34 siswa mempunyai skor rata-rata 53 yang termasuk dalam interval 50-60 yakni kategori sangat tinggi. (3) Prestasi belajar MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 pada umumnya dalam kondisi tinggi. Terbukti dari 42 siswa 52% atau 22 siswa mempunyai nilai rata-rata 76 yang termasuk dalam interval 74-80 yakni kategori tinggi. (4) Ada hubungan antarafasilitas dan bimbingan belajar dengan prestasi belajar dengan nilai sebesar 0,627. Yang mana nilai r terletak pada peringkat antara 0,600 – 0,799 yang berarti korelasi kuat atau tinggi. Maka hipotesis penelitian ini yang menyebutkan bahwa fasilitas dan bimbingan berhubungan dengan prestasi belajar siswa MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 diterima.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 11:43 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 04:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10603 |
Actions (login required)
View Item |