PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KOMPETENSI RENAISANS DENGAN KOMPETENSI MORAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GURU PAI JENJANG SD DI KAB. SEMARANG TAHUN 2021

suroya, lu'luk (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KOMPETENSI RENAISANS DENGAN KOMPETENSI MORAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GURU PAI JENJANG SD DI KAB. SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Lu'luk Suroya (12010170023).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Suroya, Lu’luk. 2021. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kompetensi Renaisans dengan Kompetensi Moral sebagai Variabel Moderasi pada Guru PAI Jenjang SD di Kab. Semarang Tahun 2021. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian terhadap Kompetensi Renaisans dengan Kompetensi Moral sebagai Variabel Moderasi pada Guru PAI Jenjang SD di Kab. Semarang. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan instrumen kuesioner yang disebarkan melalui aplikasi google form. Populasi penelitian ini yaitu Guru PAI SD se Kab. Semarang yang berjumlah 514 orang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 109 sampel dengan teknik samplingnya menggunakan simple random sampling. Selanjutnya, data di uji menggunakan model regresi linear berganda serta uji moderasi model moderated regression analysis (MRA) dengan bantuan apliaksi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi renaisans pada GPAI jenjang SD di kabupaten Semarang tahun 2021 berdasarkan hasil uji t (parsial) dengan nilai t hitung = 3.861, nilai signifikansi = 0.000 dan nilai koefisien parameter = 0.096 dengan arah positif. Kompetensi kepribadian berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kompetensi renaisans pada GPAI jenjang SD di kabupaten Semarang tahun 2021 berdasarkan hasil uji t (parsial) dengan nilai t hitung 1.044, nilai signifikansi = 0.299, dan nilai koefisien = 0.088 dengan arah positif.. Kompetensi moral tidak dapat memoderasi hubungan antara variabel kompetensi profesional terhadap kompetensi renaisans pada GPAI jenjang SD di kabupaten Semarang tahun 2021 berdasarkan hasil uji regresi model MRA menunjukkan KP X KM memiliki nilai koefisien = 0.004 dan signifikansi = 0.276. Hasil tersebut menunjukkan tidak signifikan, karena nilai signifikansi moderasi KP X KM > sigifikansi alpa (0.276 > 0.05). Kompetensi moral tidak dapat memoderasi hubungan antara variabel kompetensi kepribadian terhadap kompetensi renaisans pada GPAI jenjang SD di kabupaten Semarang tahun 2021 berdasarkan hasil uji regresi model MRA menunjukkan KP X KM memiliki nilai koefisien = -0.04 dan signifikansi = 0.724. Hasilnya tidak signifikan karena signifikansi mderasi KK X KM > signifikansi alpa (0.724 > 0.05). Kata kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Moral, Kompetensi Renaisans

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2021 11:18
Last Modified: 17 Mar 2021 11:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10614

Actions (login required)

View Item View Item