STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB YAYASAN PENDIDIKAN ANAK LUAR BIASA KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2020

JANNAH, HANIFAH AHLUL (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB YAYASAN PENDIDIKAN ANAK LUAR BIASA KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
HANIFAH AHLUL JANNAH 23010160361.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jannah, Hanifah Ahlul. 2021. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SMPLB Yayasan Pendidikan Anak Luar Biasa Kec. Cepogo Kab. Boyolali Tahun 2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Muna Erawati, M.Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak tunagrahita, serta bagaimana solusi yang diberikan untuk anak tunagrahita dalam menghadapi hambatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Yayasan Pendidikan Anak Luar Biasa Kec. Cepogo Kab. Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ini diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi pembelajaran yang digunakan bagi siswa tunagrahita di SMPLB Yayasan Pendidikan Anak Luar Biasa Kec. Cepogo Kab. Boyolali berbeda dengan strategi yang digunakan oleh sekolah umum. Materi Pendidikan Agama Islam disederhanakan sesuai kemampuan anak, meggunakan metode pengulangan, materi disampaikan dengan bahasa yang sederhana, ditambah metode tanya jawab untuk menjaga siswa tetap fokus, menghubungkan materi lama dengan materi baru, menyampaikan urutan materi sesuai dengan kurikulum 2013, tes dan evaluasi dilakukan sesuai dengan kondisi anak, pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi, 2) faktor penghambat adalah kondisi mental yang tidak seimbang, keadaan emosi anak yang berubahubah, masih kurang sadarnya peranan orangtua, dan faktor pendukungnya adalah adanya alat peraga pembelajaran untuk Pendidikan Agama Islam.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2021 14:05
Last Modified: 23 Mar 2021 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item