PENGARUH WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs NU TENGGULI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IFFATULKHUSNA, (2021) PENGARUH WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs NU TENGGULI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI IFFATUL KHUSNA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khusna, Iffatul. 2021. Pengaruh Whatsapp sebagai Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII MTs NU Tengguli Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Aplikasi pesan Instan Whatsapp, Minat Belajar Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana whatsapp sebagai media pembelajaran siswa kelas VIII di MTs NU Tengguli Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Mengetahui minat belajar IPA siswa kelas VIII di MTs NU Tengguli Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Mengetahui pengaruh whatsapp terhadap minat belajar IPA siswa kelas VIII di MTs NU Tengguli Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs NU Tengguli Jepara sebanyak 95 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Slovin dan diperoleh hasil sebanyak 30 peserta didik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koesioner dan observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data ialah uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Whatsapp sebagai media pembelajaran siswa kelas VIII MTs NU Tengguli Jepara tahun pelaaran 2020/2021 berada pada level yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan kecenderungan whatsapp sebagai media pembelajaran, dimana sebanyak 76,6% dari 30 peserta didik berada pada kategori tinggi, sebanyak 23,3 % dari 30 peserta didik berada pada kategori sedang, 0% dari 30 peserta didik berada pada kategori rendah. (2) Minat belajar IPA siswa kelas VIII MTs NU Tengguli Jepara tahun pelajaran 2020/2021 berada level sedang. Dibuktikan dengan hasil perhitungan kecenderungan minat belajar IPA siswa sebanyak 26,6% dari 30 peserta didik berada pada kategori tinggi, sebanyak 73,3% dari 30 peserta didik berada pada kategori sedang, dan 0% dari 30 peserta didik berada pada kategori rendah. (3) Whatsapp sebagai media pembelajaran berpegaruh terhadap minat belajar IPA siswa kelas VIII MTs NU Tengguli Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy 0,401 bernilai positif dan lebih besar dari rtabel 0,361 (ritung > rtabel) yang berarti whatsapp sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar IPA. Dari hasil uji t yang dilakukan didapatkan hasil titung lebih besar dari ttabel yaitu titung sebesar 2,319, di atas dibandingkan dengan ttabel (db = 28) yaitu 2,04841 taraf signifikan 5%, jadi thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho di tolak. Dan dapat disimpulkan bahwa variabel X terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa “Ada pengaruh antara whatsapp sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar IPA siswa kelas VIII MTs NU Tengguli Jepara tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2021 14:29
Last Modified: 25 Mar 2021 04:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item