PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTs AL USWAH BERGAS

, Nuryatul Afifah (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTs AL USWAH BERGAS. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NURYATUL AFIFAH 23070160080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi, kualitas, dan bagaimana efektifitas bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap.Tahap Analysis (A) meliputi identifikasi permasalahan di lapangan, tahap Design (D) merancang materi dan media, tahap Development (D) meliputi tahap pembuatan produk, tahap Implementation (I) meliputi tahap pengujian produk kepada validasi ahli media dan ahli materi dan terakhir tahap Evaluation (E) yang meliputi tahap pengujian produk kepada guru dan siswa serta analisis kualitatif deskriptif. Hasil kevalidan modul berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas materi persamaan garis lurus didapat persentase sebesar 74% dengan interpretasi valid dan hasil validasi soal sebesar 85,5% dengan interpretasi sangat valid. Hasil kepraktisan didapat persentase sebesar 75,5% dan dikatakan modul praktis. Hasil keefektifan dilakukan melalui hasil pretest dan posttest. Pengujian dilakukan melalui uji N-Gain dan didapat rata-rata 0,644 dan masuk kategori sedang, sehingga didapat kesimpulan pengembangan bahan ajar matematika efektif untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Dari beberapa hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2021 11:05
Last Modified: 31 Mar 2021 05:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item