RELEVANSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT ( Studi Analisis pada Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan Jawa Timur )

Umudiyah, Salis (2015) RELEVANSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT ( Studi Analisis pada Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan Jawa Timur ). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Salis Umudiyah_11110189.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas relevansi kurikulum pondok pesantren dengan kebutuhan masyarakat studi analisis pada perguruan Islam pondok tremas pacitan jawa timur.Adapun fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1). Bagaimana format kurikulum yang ada di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan Jawa Timur; (2). Bagaimana Pengembangan kurikulum di Perguruan Islam Pondok Tremas Jawa Timur; (3). Apakah kurikulum yang ada di Perguruan Islam Pondok Tremas itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Format kurikulum yang ada di Perguruan Islam Pondok Tremas itu berbeda dengan kurikulum di Pondok Pesantren lainnya. Di Perguruan Islam Pondok Tremas mempunyai kurikulum yang bersifat salaf yang mandiri, yaitu kurikulum yang memang di kemas dengan tanpa menghilangkan bentuk – bentuk pembelajaran salafi tetapi juga mengambil dari pembelajaran modern, (2) Pengembangan kurikulum di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan terlaksana dengan baik berkat aspirasi pengembangan kurikulum dari dalam pondok itu sendiri dan dukungan masyarakat secara utuh dalam menginformasikan bahan-bahan pelajaran/ pendidikan Islam ke dalam kurikulumnya, (3) Kurikulum di Pondok Tremas relevan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengikuti perkembangan zaman walaupun masih menggunkan sistem pembelajaran kuno.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2016 06:08
Last Modified: 10 Feb 2016 06:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item