IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2020/2021

Fitri, Rima Sabrina (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
RIMA SABRINA FITRI 11114109.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK RIMA SABRINA FITRI.2021.Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Boyolali tahun ajaran 2020/2021. 2). Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam penerapan Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Boyolali tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Pendekatan penelitian kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu Metode Observasi, Metode Interview, dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian bahwaImplementasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Boyolali tahun ajaran 2020/2021 adalah pembiasan Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran dengan tujuan mengingat bahwa adanya Tuhan sang Pencipta dan Pembiasaan sholat duha dan berjamaah, memahami makna jujur, maka siswa akan dapat menyikapinya dan menjadikan seseorang cinta kebenaran, apapun resiko yang akan diterima dirinya dengan kebenaran yang ia lakukan, belajar tata tertib sekolah, untuk masuk kelas pada pelajaran agama secara tepat waktu, mengerjakan PR dengan tepat waktu, berseragam sesuai dengan hari nya, disiplin menjalankan sholat duhur berjamaah saat di sekolahan, Kebebasan mengemukakan pendapat, Menghormati perbedaan pendapat, Terbuka dan komunikasi, Menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia, Percaya diri, Tidak menggantungkan diri pada orang lain, Saling menghargai, Cinta damai, memilih persiapan membaca dan berlatih sebelum ulangan dimulai. Sedangkan Solusi dalam penerapan implementasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan agama Islam penambahan materi melalui ektraskurikuler Agama agar lebih mendalami nilai karakter, Menyediakan pojok baca dengan menambah koleksi buku pendidikan agama Islam, Memberikan reward pada siswa yang telah mencapai hafalan tertentu untuk memacu dan memotivasi agar meningkatkan prestasi belajar dan Menciptakan komunikasi yang baik dengan orang tua melalui group kelas dan buku penghubung kegiatan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:21
Last Modified: 07 Apr 2021 00:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item