Irwansyah, Avif (2021) HUBUNGAN HAFALAN AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MTs NEGERI 1 SEMARANG KELAS 8 TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]
Text
AVIF IRWANSYAH 11114165.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK AVIF IRWANSYAH. 2020. Hubungan Hafalan Al-Qur’an (Juz ‘amma) terhadap Prestasi Belajar pada Siswa MTs Negeri 1 semarang Kelas 8 tahun 2020 . Kata kunci: Hafalan Al-Qur’an (Juz ‘amma), Prestasi Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘amma) pada Siswa MTs Negeri 1 semarang Kelas 8 tahun 2020. 2) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas 8 MTs Negeri 1 semarang tahun 2020. 3) Untuk mengetahui Hubungan antara kemampuan menghafal Qur’an (Juz ‘amma) terhadap prestasi belajar pada Siswa kelas 8 MTs Negeri 1 semarang tahun 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Metode Observasi, Metode Interview, Metode hasil tes dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Tingkat kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘amma) pada Siswa MTs Negeri 1 semarang Kelas 8 tahun 2020. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa Hafalan Al-Qur’an (Juz ‘amma) tergolong pada kriteria baik sekali pada jarak interval 92-100 dengan jumlah 39 anak atau 43,34 % dan kriteria baik interval 84-91 dengan jumlah 24 anak atau 26,66%. Sedangkang untuk nilai rata-rata variabel X adalah 85,51. Dengan demikian, maka variabel X menduduki interval antara 84-91, maka variabel X (Hafalan Al-Qur’an (Juz ‘amma) dikategorikan baik. Hal ini berarti kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘amma) pada Siswa MTs Negeri 1 semarang Kelas 8 tahun 2020 kategori baik. Tingkat prestasi belajar siswa kelas 8 MTs Negeri 1 semarang tahun 2020. Atas dasar nilai range yang diperoleh kategori nilai raport hasil belajar Al-Qur’an Hadits cukup baik, karena nilai tersebut menempati kategori nilai 77-84 kategori (C) cukup baik. Hubungan antara kemampuan menghafal Qur’an (Juz ‘amma) terhadap prestasi belajar pada Siswa kelas 8 MTs Negeri 1 semarang tahun 2020. Berdasarkan nilai r hitung= 0,689, selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk df = N-nr = 90, dengan N = 90 dan variabel yang penulis cari korelasinya adalah variabel X dan Y, maka nr = 2. Diperoleh df-nya yaitu df = 90-2= 88, pada kesalahan 1% maka r tabel = 0,270, sedangkan r hitung adalah 0,689. Berdasarkan hasil diatas bahwa r hitung lebih besar dari r tabel maka Ha dietrima, dengan demikian korelasi 0,689, itu signifikan. Jadi, Terdapat Hubungan yang positif dan signifikan antara Hafalan Al-Qur’an (Juz ‘amma) terhadap Prestasi Belajar pada Siswa kelas 8 di MTs Negeri 1 semarang. Sedangkan untuk menyatakan besar kecilnya sumbangan dari variable X terhadap Y (koefisien determinan) dicari dengan menggunakan rumus R^2 X = 100% atau 〖0,689〗^2 x 100% = 68,9%, berarti dalam penelitian ini Hafalan Al-Qur’an (Juz ‘amma) dapat memberikan kontribusi sebesar 68,9% terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadtis pada siswa kelas 8 di MTs Negeri 1 semarang.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 07:41 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 00:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10702 |
Actions (login required)
View Item |