PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP AN NUR UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MENGGUNAKAN METODE JIGSAW

Hikmah, Ulfiatul (2021) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP AN NUR UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MENGGUNAKAN METODE JIGSAW. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Ulfiatul Hikmah_NIM.111-13-281 jadi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu representasi ukuran pemahaman siswa. Padaproses pembelajaran, banyak faktor yang menjadi kendala, seperti yang terjadi di SMPAN NUR, bahwa dari jumlah siswa21 yang ada di kelas, hanya 9 yang baru mencapai KKM dan12 lainnya masih jauhdi bawahnya dengan rata-rata nilai66. Berdasarkan observasi yang dilakukan di awal penelitian, siswa secara umum cenderung tidak aktif berpartisipasi di dalam pembelajaran, tidak merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan juga tidak bersemangat dalam melaksanakan perintah yang diberikanoleh guru. Metode Jigsaw diklaim sebagai salah satu metode yang dapat membantu siswa lebih aktif untuk menciptakan meaningful learning.Metode ini diterapkan di SMP AN NUR untuk menyampaikan materi iman kepada kitab kitab Allah pada mata pelajaran AqidahAkhlak pada kelas VIII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dalam kurun waktu dua bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kenaikan nilai rata rata sebesar 10 persen dari siklus pertama, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan prestasi siswa dalam belajar topik iman kepada kitab Allah.Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum memulai pembelajaran, guru hendaknya menerangkan alur pelaksanaan pembelajaran dengan metode Jigswa, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajran dengan lebih tertib. Selin itu, Guru diharapkan senantiasa memotivasi dan memberikan rangsangan pertanyaan untuk meningkatkan partsipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penekanan tentang pentingnya karakter dan kepribadian yang baik juga disarankan untuk mendukung proses pembelajaran berjalan dengan optimal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 May 2021 07:52
Last Modified: 27 May 2021 07:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item View Item