HANIF, MUHAMMAD (2021) NILAI NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM KITAB WASHÃYÃ AL-ᾹBÃ’ LIL-ABNÃ’ KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “bagaimana nilai nilai pendidikan sosial dalam kitab Washãyã al-Ᾱbã’ lil-Abnã’ karya Syaikh Muhammad Syakir, Bagaimana relevansi nilai nilai pendidikan sosial dalam kitab Washãyã al-Ᾱbã’ lil-Abnã’ dengan konteks pendidikan kekinian?”. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan sosial dalam kitab Washãyã al-Ᾱbã’ lil-Abnã’. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka atau biasanya sering disebut dengan istilah Library Research, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan bahan. Penelitian yang dilakukan ini dengan cara mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan yang berupa buku, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lainya sehingga dapat diperoleh informasi yang benar tentang nilai-nilai pendikan sosial dalam kitab Washãyã karya Syaikh Muhammad Syakir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Sosial yang terkandung dalam kitab Washãyã yaitu berupa nilai sosial yang meliputi: 1). Jujur, 2). Amanah, 3). Iffah, 4). Ikhlas, 5). Sabar dan untuk menjaga hak kepada lainya yang meliputi: 1). Hak kepada kedua orang tua, 2). Hak kepada teman. Relevansi nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam kitab Washãyã al-Ᾱbã’ lil-Abnã’ karya Syaikh Muhammad Syakir dengan pendidikan konteks kekinian masih relevan hal itu dibuktikan dengan keputusan menteri agama Nomor 183 tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan bahasa arab yang pelajaran tersebut masih di pelajari dalam lingkup madrasah dari tingkat madrasah ibtidaiyah sampai madrasah Aliyah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 18:06 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 18:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10760 |
Actions (login required)
View Item |