ERSITA, ULFIA MUNTAFIQI HUSNAYA (2021) PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP SIKAP TAWADUK DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 MAGELANG TAHUN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
PAI_ULFIA MUNTAFIQI KHUSNAYA ERSITA 23010160399.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ersita, Ulfia Muntafiqi Khusnaya. 2020. Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Keagamaan terhadap Sikap Tawaduk dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang Tahun 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Intensitas Kegiatan Keagamaan, Sikap Tawaduk, Kedisiplinan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap sikap tawaduk, dan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang tahun 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 13 Magelang, pada bulan Juni-Oktober 2020. Populasi yang diambil berjumlah 178 siswa, sampel yang diambil 123 siswa menggunakan teknik sample random. Di dalam penelitian ini ada 3 variabel, intensitas kegiatan keagamaan, sikap tawaduk serta kedisiplinan belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (berisi 42 pernyataan). Uji coba instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas regresi, uji korelasi, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS for windows versi 19. Hasil penelitian ini menunjukkan; sebanyak 48 siswa (39,1%) aktif mengikuti kegiatan keagamaan, 55 siswa (44,7%) cukup aktif, 17 siswa (13,8%) kurang aktif, dan 3 siswa (2,4%) tidak aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Sebanyak 54 siswa (43,9%) umumnya bersikap tawaduk, 68 siswa (55,3%) cukup aktif bersikap tawaduk, 1 siswa (0,8%) kurang bersikap tawaduk, serta tidak ada siswa yang tidak bersikap tawaduk atau (0%). 82 siswa (66,7%) pada umumnya disiplin dalam belajar, 41 siswa (33,3%) cukup disiplin dalam belajar, kurang dan tidak ada siswa yang tidak disiplin dalam belajar atau 0%. Intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap tawaduk siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang tahun 2019/2020 dengan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien regresi sederhana 0,116 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, koefisien determinasi berpengaruh 5% dan 95% dipengaruhi oleh faktor lain dan tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan intensitas kegiatan keagamaan juga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang tahun 2019/2020 dengan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien regresi sederhana 0,205 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, koefisien dterminasi berpengaruh 11,8% dan 88,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 12:56 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 05:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10772 |
Actions (login required)
View Item |