MODEL POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK BERAKHLAKUL KARIMAH USIA PENDIDIKAN DASAR PADA BURUH PABRIK DUSUN GOMPYONG DESA CUKIL KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

, Nabila Afifa (2021) MODEL POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK BERAKHLAKUL KARIMAH USIA PENDIDIKAN DASAR PADA BURUH PABRIK DUSUN GOMPYONG DESA CUKIL KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nabila Afifa 23040160043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Model Pola Komunikasi Orang Tua dalam Mendidik Anak Berakhlakul Karimah pada Keluarga Buruh Pabrik di Dusun Gompyong Desa Cukil Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pola komunikasi orang tua terhadap anak. (2) Bagaimana pola komunikasi orang tua kepada pengasuh. (3) Bagaimana pola komunikasi pengasuh pada anak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Dusun Gompyong Desa Cukil Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Pelaksanaannya menggunakan metode pendekatan Kualitatif diskriptif analisis dengan menggunakan strategi multi metode yaitu wawancara, pengamatan, serta penelaahan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak pada keluarga buruh pabrik yaitu: (1) Komunikasi orang tua terhadap anak dalam rangka mendidik anak yang berakhlakul karimah berjalan dengan baik karena orang tua lebih dominan menggunakan komunikasi dua arah yang membuat anak lebih dekat dengan orang tua meski komunikasi yang terjalin singkat, namun anak masih perlu perhatian yang lebih dalam pendidikan formal maupun keagamannya. (2) Pola komunikasi orang tua kepada pengasuh dalam rangka mendidik anak berakhlakul karimah juga menggunakan pola komunikasi dua arah, adapun sistem komunikasi yang digunakan yakni melalui sosial media dan bertanya langsung mengenai keseharian anak. (3) Pola komunikasi pengasuh kepada anak dalam rangka mendidik anak berakhlakul karimah, disini pengasuh lebih dominan menggunakan pola komunikasi satu arah. Hal ini sangat berpengaruh pada kepribadian anak. Sebagian anak bersikap sopan, berbuat baik, jujur dan tidak membangkang pada pengasuh, namun ada juga anak yang membangkang dan susah diatur ketika dinasehati.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 16:34
Last Modified: 13 Jun 2021 16:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10795

Actions (login required)

View Item View Item