tanjuwina, khisna (2021) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MENJAUHI PERGAULAN BEBAS DAN ZINA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA TALKING STICK KELAS X IPA DI SMA NUR LINTANG KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
REVISI_NASKAH_SKRIPSI_KHISNA_TANJUWINA_23010170328_-1[1].pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tanjuwina, Khisna. 2021. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina dengan Metode Group Investigation Berbantuan Media Talking Stick Kelas X IPA di SMA Nur Lintang Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina; Metode Group Investigation dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina dengan metode Group Investigation berbantuan media Talking Stick kelas X IPA SMA Nur Lintang Kedu tahun pelajaran 2020/2021. Salah satu penyebab rendahnya nilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah kurangnya guru dalam menerapkan metode-metode pembelajaran. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah metode Group Investigation dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina kelas X IPA SMA Nur Lintang Kedu tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Nur Lintang Kedu tahun pelajaran 2020/2021, dan dilaksanakan dari tanggal 24-27 April 2021. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual peserta didik mendapat nilai diatas KBM yaitu 75 dan ketuntasan secara klasikal peserta didik di kelas mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Group Investigation dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil ini terlihat dari 11 peserta didik sebelum diterapkannya metode Group Investigation dan Talking Stick yang mendapat nilai di atas KBM berjumlah 4 peserta didik atau 36,3% dengan rata-rata 66,3. Kemudian setelah diterapkannya metode Group Investigation dan Talking Stick pada siklus I jumlah yang mencapai KBM sebanyak 7 peserta didik atau 63,6% rata-rata 79,09. Mengalami peningkatan sebesar 27,3 %. Pada siklus II yang mencapai KBM sebanyak 10 peserta didik atau 90,9% nilai rata-rata 84,36. Jika dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 27,3 %.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 14:12 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 07:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10849 |
Actions (login required)
View Item |