EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE MELALUI WHATSAPP DAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE MELALUI ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII SMP IT ALIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RAHAYU, SEPTIANI SRI (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE MELALUI WHATSAPP DAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE MELALUI ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII SMP IT ALIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
naskah SEPTIANI SRI RAHAYU 23060170009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media pembelajaran Adobe Animate melalui WhatsApp dan VideoScribe melalui Zoom, dan untuk mengetahui perbandingan efektivitas media pembelajaran Adobe Animate melalui WhatsApp dan media pembelajaran VideoScribe melalui Zoom terhadap hasil belajar sistem tata surya pada siswa kelas VII SMP IT ALIA tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP IT ALIA Bojong, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes soal pilihan ganda pretest-posttest, yang telah di uji keabsahannya melalui uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Analisis data penelitian menggunakan One Way ANOVA (Uji ANOVA Satu Arah) menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar akhir (posttest) kelas kontrol menggunakan media VideoScribe adalah 78,84, kelas ekperimen menggunakan media Adobe Animate adalah 83,84, dan kelas konvensional menggunakan buku IPA Terpadu adalah 77,4. Nilai signifikansi dari uji anilisi statistik adalah 0,020 ˃ 0,05 yang dikategorikan berbeda secara signifikan dengan perbandingan nilai kelas kontrol menggunakan media VideoScribe dan kelas eksperimen menggunakan media Adobe Animate memiliki nilai 0,047 ˂ 0,05, kelas kontrol menggunakan VideoScribe dan kelas konvensional menggunakan buku IPA Terpadu memiliki nilai 0,575 ˃ 0,05, kelas eksperimen menggunakan media Adobe Animate dan kelas konvensional menggunakan buku IPA Terpadu memiliki nilai 0,007 ˂ 0,05, sehingga hipotesis (Ha) diterima. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Adobe Animate lebih efektif dari pada media pembelajaran VideoScribe dan media konvensional terhadap hasil belajar materi sistem tata surya pada kelas VII SMP IT ALIA Bojong Tahun Pelajaran 2020/2021 karena nilai rata-rata hasil belajar posttest dan nilai signifikasni kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol dan kelas konvensional.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2021 13:08
Last Modified: 21 Jun 2021 06:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item