Berlianto, Abdul Fitri (2021) PEMBINAAN SIKAP IFFAH DAN IHSAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-HIKAM DESA BANYUDONO KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Abdul word.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan sikap iffah dan ihsan santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Hikam (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan sikap iffah dan ihsan santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Hikam (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan sikap iffah dan ihsan santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Hikam tahun 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang merupakan sumber yang berasal dari pengamatan dan wawancara pada pengasuh, pengurus, asatidz, wali santri dan santri pondok pesantren Al-Hikam. Sumber data yang lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini Informasi diperoleh dari pengasuh, pengurus, asatidz, wali santri dan santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Hikam, Banyudono, Boyolali. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terdiri dari satu pengasuh, dua pengurus, dua asatidz, dua wali santri, dan delapan santri. Pelaksanaan pembinaan sikap iffah santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Hikam telah dilakukan berbagai upaya mulai dari pengasuh, pengurus, dan asatidz. Bentuk pelaksanaan pembinaan sikap iffah dan ihsan santri yang ada di Pondok Pesantren Terpadu Al-Hikam antara lain dengan pemberian contoh langsung kepada santri, pembelajaran kitab, hafalan Al-Qur’an, pengawasan dan pemantauan langsung dari pengurus, tidak bosan untuk mengingatkan santri, kerja sama dengan orang tua atau wali santri, serta pemberian punsihment and reward. Faktor penghambat pelaksanaan pembinaan sikap iffah santri yaitu terlalu banyak waktu yang terbuang, perlu kejujuran santri, belum bisa atau pemikirannya belum sampai, dan kemalasan anak. Sedangkan faktor penghambat sikap ihsan santri yaitu kemalasan anak, sering melakukan pelanggaran-pelanggaran kecil, ngeyel dan belum bisa serius, usia santri, kecemburuan dan geng-gengan. Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan sikap iffah yaitu kekompakan pembina, kesadaran dan mood anak, orang tua, keteladanan dari pengurus, adanya tata tertib. Sedangkan Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan sikap ihsan santri antara lain teman yang dijadikan role model, dorongan orang tua, semangat kekeluargaan, adanya takziran, dan adanya hadiah.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2021 11:56 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 07:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10895 |
Actions (login required)
View Item |