nuryanti, novi (2021) EFEKTIVITAS METODE INFORMATION SEARCH MELALUI PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Novi Nuryanti 23060170003.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas metode information search melalui pendekatan inquiry pada materi sistem tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Mengetahui proses pembelajaran menggunakan metode information search melalui pendekatan inquiry pada materi sistem tata surya siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan yaitu quasi experimen dengan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII dengan sampel kelas VII A (kontrol) dan kelas VII B (eksperimen). Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode information search melalui pendekatan inquiry dengan variabel terikat hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes dengan instrumen berupa soal pre test, soal post test, angket, lembar observasi, lembar wawancara, RPP dan kisi-kisi soal. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test untuk instrumen tes dan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi untuk instrumen non tes. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,002 < 0.05 dengan nilai thitung > ttabel (3,873 > 1,771) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa metode information search melalui pendekatan inquiry pada materi sistem tata surya efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2020/2021. Keberhasilan proses pembelajaran IPA menggunakan metode information search melalui pendekatan inquiry dapat diketahui dari hasil lembar observasi penilaian kegiatan siswa yang menunjukkan angka sebesar 84%. Sedangkan angket siswa mengenai proses pembelajaran menunjukkan bahwa sebanyak 71% siswa setuju dan 24% siswa sangat setuju terhadap penerapan metode dan pendekatan pembelajaran tersebut.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2021 10:51 |
Last Modified: | 20 Jun 2021 04:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10897 |
Actions (login required)
View Item |