ZULAICHO, IDA (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
IDA ZULAICHO 23040160097.pdf Download (4MB) |
Abstract
Zulaicho,Ida.2020. Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa MI al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci :Problematika Pembelajaran Daring, Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga. 2) Untuk mengetahui problematika pembelajaran daring pada siswa MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 salatiga. 3) Untuk mengetahui upaya mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran daring pada siswa MI al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimulan. hasil penelitian yang diperoleh, yaitu 1) Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Adapun ada beberapa faktor penentu dalam pelaksanaannya seperti metode, model, media, waktu pelaksanaanny, pengayaan, remidi, dan evaluasi. 2) Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran daring. adapun problematikanya yaitu: a) dari faktor siswa, tidak paham dengan materi yang disampaikan oleh guru, bosen, tidak mempunyai alat yang memadai. b) dari segi guru, susahnya dalam mengontrol waktu. c) dari segi orang tua, minimnya pengetahuan teknologi (gaptek), terbatasnya pengetahuan sosial, sibuk bekerja, tidak mempunyai fasilitas yang memadai. d) darisegi ekonomi, pengeluaran bertambah banyak sedangkan pemasukan menjadi berkurang karena pandemi covid-19. e) dari segi teknologi, minimnya pengetahuan teknologi (gaptek). f) dar segi sosial, berkurangnya rasa sosial terhadap temanya. 3) upaya mengatasi problematika pembelajaran daring dengan berbagai cara yaitu, a) dari segi siswa dengan meminta bantuan kepada saudara kerabat atau tetangga yang lebih tau, memasukkan kedalam bimbel les. b)dari segi guru, dengan guru selalu aktif berkomunikasi dan selalu aktif menginggatkan tugas kepada siswa. c) dari segi orang tua, dengan cara memasukan kedalam bimbel les, meminta bantuan kepada saudara kerabat atau tetangga. d) dari segi ekonomi, dengan cara mengatur pengeluaran uang dengan baik. e) dari segi teknologi dengan cara meminta bantuan kepada saudara atau tetangga yang lebih tau. f) dari segi sosial dengan cara memasukkan anak ke bimbel les, menjadwalkan belajar kelompok denga teman disekitarnya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 09:50 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 09:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10902 |
Actions (login required)
View Item |