IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA TRENSAINS MUHAMMADIYAH SRAGEN TAHUN AJARAN 2019/2020

EFENDI, MUHAMAD IRFAN (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA TRENSAINS MUHAMMADIYAH SRAGEN TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Revisi Skripsi Muhamad Irfan E 23010160030.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Revisi Skripsi M. Irfan E 23010160030.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Efendi, Muhamad Irfan. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2019-2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Imam Sutomo, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi: Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, bagaimana pembelajaran budi pekerti di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, bagaimana tantangan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan Teknik trianggulasi yaitu Teknik trianggulasi sumber Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi model pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, mengembangkan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran tematik tipe keterhubungan. (2) pembelajaran budi pekerti di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, pembelajaran menekankan pada sikap kesiplinan siswa yang mengarah pada aspek kegiatan keagamaan, kemandirian dan kesusilaan, dengan penanaman budi pekerti selama di sekolah dan pesantren. (3) tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, meningkatkan inovasi dalam model pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendayagunaan teknologi yang tersedia.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2021 14:36
Last Modified: 22 Jun 2021 00:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item