Wiwik, (2021) IMPLEMENTASI METODE MURI-Q DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL SURAH PENDEK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA ANNIDA LEDOK SALATIGA. [UNSPECIFIED]
Text
skripsi_wiwik_23050170002 - CFIX.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui implementasi Metode Muri-Q dalam Pembelajaran Menghafal Surah Pendek Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Annida Ledok Salatiga. 2). Untuk mengetahui dari metode Muri-Q dalam Pembelajaran Menghafal Surah Pendek Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Annida Ledok Salatiga. 3). Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi Metode Muri-Q dalam Pembelajaran Menghafal Surah Pendek Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Annida Ledok Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas dan anak-anak. Teknik keabsahan data ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode Muri-Q dalam Pembelajaran Menghafal Surah Pendek pada masa pandemi Covid-19 di RA Annida Ledok Salatiga yaitu ada tiga upaya kegiatan pembukaan, inti pembelajaran dengan 3 jenis pembelajaran yaitu daring, home visit dan PTM. Pelaksanaan daring menggunakan media pembelajaran dengan whatsapp dan terakhir evaluasi pembelajaran memberikan tugas praktik hafalan berupa kegiatan estafet ayat, sambung ayat dan muroja’ah. 2). Metode Muri-Q ada 3 kegiatan dalam penyampaiannya yaitu menambah hafalan dengan target 1-2 ayat perhari dilaksanakan setiap hari senin-jum’at, ketika anak sudah dapat menghafal anak-anak menyetor hafalannya dengan wali kelas sesuai nada-nada yang telah diajarkan oleh wali kelas, untuk muroja’ah dilakukan di sekolah dan di rumah dengan bimbingan orang tua. 3). Faktor penghambat dan pendukung dalam menghafal surah pendek pada masa pandemi Covid-19 di RA Annida Ledok Salatiga antara lain penghambatnya yakni anak yang sering malas belajar, belum ada guru tahfidz pengganti, lingkungan keluarga yang tidak mendukung, kurangnya motivasi. Faktor pendukung dari implementasi menghafal surah pendek yaitu metode, target hafalan , media pembelajaran dan anak lebih konsentrasi di kelas dengan kondisi kelas yang nyaman dan juga adanya TPA.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | ?? PIAUD ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:47 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 01:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10914 |
Actions (login required)
View Item |