IMPLETASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI MTs Al-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019

AGUSTINA, ELVINA (2021) IMPLETASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI MTs Al-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
elvina.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter pada tingkat satuan pendidikan mengarah pada pembentukan budaya sekolah/madrasah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan sehari-hari, serta simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga sekolah/madrasah merupakan ciri khas, karakter atau watak, dan citra sekolah/madrasah tersebut di masyarakat luas. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter, strategi yang digunakan serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter siswa di MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif karena data dan hasil penelitian yang diperoleh diolah dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan guru-guru, dan sumber sekunder berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan karakter dan foto sarana prasarana di MTs Al-Ittihad Semowo Pabelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Ittihad Semowo berkonsep pada pendidikan akhlaqul karimah (perilaku mulia) yang berpedoman pada Al-Qur’an sesuai visi dan misi serta tata tertib yang berlaku di sekolah. Implementasi pendidikan karakter ada pada kegiatan pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah sehari-hari. Kedua, Strategi Implementasi pendidikan karakter siswa di MTs Al-Ittihad Semowo adalah: dalam kegiatan pembelajaran di kelas, kegiatan sehari-hari yang dikaitkan dengan kegiatan pondok pesantren, dan metode keteladan dan pembiasaan. Ketiga, Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter siswa di MTs Al-Ittihad Semowo berupa, basic madrasah yang sudah terintegrasi dengan pendidikan karakter, karakter tarbiyah yang dimiliki oleh guru, boarding dengan pondok pesantren tahfidz, lingkungan masyarakat sekitar yang religius, serta adanya kesadaran dalam diri siswa. Sedangkan faktor penghambat berupa kondisi psikologi siswa yang masih labil dan dorongan rasa ingin tahu yang kuat terkadang melakukan penyimpangan, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, keterbatasan sarana dan prasarana, fasilitas, serta tenaga pendidik yang mendukung kegiatan pembelajaran, metode dan media guru dalam mengajar monoton, serta perbedaan budaya yang dibawa peserta didik dari luar atau latar belakang yang berbeda.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:56
Last Modified: 22 Jun 2021 08:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item