STRATEGI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERIA (MIC) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TAHUN AJARAN 2020/2021

ATUSSAADAH, NISA (2021) STRATEGI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERIA (MIC) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nisa Atussaadah_23040170078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Atussaadah, Nisa. 2020. Strategi Penggunaan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pada Pembelajaran Tematik di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Penggunaan Multimedia Interaktif Ceria, Pembelajaran Tematik Penelitian ini bertujuan, untuk: (1) Mengetahui tindakan guru dalam merencanakan penggunaan Multimedia Interaktif Ceria pada pembelajaran tematik di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. (2) Mengetahui metode pembelajaran tematik sesuai dengan penggunaan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. (3) Mengetahui materi pembelajaran tematik yang sesuai dengan penggunaan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. (4) Mengetahui sarana prasarana yang sesuai dengan penggunaan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui penelitian secara langsung dari hasil observasi antara penulis dengan informan serta melalui observasi. Selanjutnya adalah data sumber data sekunder yang diperoleh dari sumber yang tidak tertulis seperti dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Tindakan guru dalam merencanaan penggunaan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada pembelajaran tematik di MI Tarbiyatul Aulad Jombor dilakukan dengan cara mempersiapkan materi dan media apa yang akan diajarkan, selanjutnya dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan mempersiapkan pembelajaran secara sistematis. (2) Metode penggunaan multimedia interaktif ceria dalam proses pembelajaran tematik yaitu menggunakan audio visual, ceramah dengan menggunakan vn, dan penugasan, mengirimkan video. Alasannya karena sesuai materi yang akan disampaikan, merasa siswa akan lebih paham, dan harapannya siswa akan menjadi lebih gembira/ senang. (3) Materi dalam menggunakan multimedia interaktif ceria sebagai proses pembelajaran tematik yaitu IPA dan Matematika. Guru memilih materi tersebut karena membutuhkan pemahaman yang ekstra, dan materi ini membutuhkan multimedia dalam pembelajarannya. (4) Sarana prasarana dalam menggunakan multimedia interaktif ceria pada masa pandemic dalam proses pembelajaran tematik yaitu HP, Laptop, TV, dan juga bisa mendengarkan Radio. Alasan memilih sarana prasarana tersebut yaitu karena jangkauannya mudah didapat, mudah dilihat dan mudah dipahami.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 12:47
Last Modified: 22 Jun 2021 12:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item